Kalau tidak meleset Microsoft Windows Server 2008 akan diluncurkan ke pasar pada bulan Februari  2008. Sistem operasi Server generasi penerus Windows 2003 Server ini akan hadir tidak sendirian, dia temani dua saudara kandugnya walaupun berlainan jenis, yaitu Microsoft SQL Server 2008 dan Microsoft Visual Studio 2008. Ketiga produk ini jelas saling mendukung untuk kinerja sebuah sistem komputerisasi canggih dan modern.

Dengan adanya perbaikan di IIS 7, Windows Server 2008 akan sangat berpengaruh pada kinerja kinerja aplikasi online. Pengaruh yang cukup signifikan adalah kinerja pada deploy WS 2008 di hosters. Untuk membuktikan hal tersebut saat ini sudah ribuan hosting yang memanfaatkan Windows Server 2003 beta 3 diseluruh dunia dan terbukti kemampuan dan kehandalannya meningkat dan signifikan.

Berdasarkan IDC tahun 2008 HW server shipment ke Indonesia akan mencapai 26.000 unit dan pasar X 86 adalah 25.000, dimana Microsoft membidik pasar X86 tentunya, di pasar ini 55 % diambil oleh system operasi piracy dan sekitar 11% oleh system operasi lain.

Dari segi requirement, Windows Server 2008 tidak akan berubah seperti yang pernah dirilis beberapa waktu lalau dan mungkin akan sedikit lebih ringan dibandingkan informasi yang telah saya sampaikan pada tulisan beberapa waktu lalu. Requirement HW yang lebih ringan ini karena ada fitur Server Core yang memungkinkan pemakai hanya mengisntall atau memanfaatkan sebagian saja dari fungsi Microsoft Windows Server seperti DHCP, DNS, IIS dan exclude GUI, IE saja. Sedangkan lainnya mungkin bias diinstal di server yang berbeda.

Dengan semakin berkembangnya teknologi 64bit, maka sudah jelas system operasi dan aplikasi pun akan mengarah ke system 64 bit. Hanya tentu saja Microsoft tidak akan akan meninggalkan 32 bit dan terus mensupport produk Windows Server yang sudah diinstall di 32 bit. Namun pasar HW yang memaksa meninggalkn 32 bit adalah ketika memasuki tahun 2009, di sini semua HW akan di ship 64 bit, dan waktu itu juga Microsoft hanya memproduksi system 64 bit servers.(Tutang)