Seperti Linux atau BSD, OpenSolaris adalah salah satu sistem operasi yang dikembangkan komunitas, namun ia disponsori Sun Microsystems. Banyak yang kini tertarik mempelajari atau menggunakan OpenSolaris. Rami Rosen dalam sebuah artikel mengangkat masalah virtualisasi di OpenSolaris dan mencoba mengungkapkan plus-minus terhadap virtualisasi di OS lainnya.

Zones adalah mekanisme yang memungkinkan isolasi lingkungan sebagai subset untuk privilege dari sistem operasi utama (‘host operating system‘). Dengan demikian dimungkinkan menjalankan aplikasi di salah satu zone tanpa modifikasi seperti kemampuan dimiliki virtualisasi Xen yang umum digunakan di Linux. Jadi, fitur ‘zones’ juga bermanfaat untuk konsolidasi server, menyelaraskan beban (‘load balancing‘) dan banyak keuntungan virtualisasi lainnya.

Dibandingan dengan solusi virtualisasi lainnya, zone diklaim memiliki kelebihan dalam mekanisme berkomunikasi dengan kernel yaitu menggunakan ‘doors’ yang direalisasikan sebagai sebuah ‘virtual file system (doorfs)’, sementara yang lain umumnya menggunakan ‘kernel dispatcher‘. Baca selebihnya